Penyakit Batu ginjal dapat menempatkan anak-anak pada risiko penyakit jantung

Penyakit Batu ginjal dapat menempatkan anak-anak pada risiko penyakit jantung | Chieechocho


Penyakit batu ginjal

Batu ginjal pada anak-anak adalah bukan masalah medis yang terisolasi , peneliti mengklaim , menunjukkan bahwa ada hubungan yang jelas antara penyakit batu ginjal pada anak-anak dan menebal atau mengeras prekursor arteries- untuk berbagai macam penyakit kardiovaskular .

Penelitian sebelumnya telah membentuk hubungan antara batu ginjal dan Aterosklerosis pada orang dewasa , tetapi penelitian ini adalah yang pertama untuk mengidentifikasi hubungan yang signifikan antara kedua masalah kesehatan pada anak-anak .

" Jika proses pembentukan batu ginjal dan pengerasan pembuluh darah yang entah bagaimana terkait pada orang dewasa , masuk akal bahwa link yang sama mungkin ada pada anak-anak , meskipun fakta bahwa orang tidak mengasosiasikan jantung dan pembuluh darah penyakit dengan anak-anak , " jelas Kirsten Kusumi , Nephrology Fellow di Ohio berbasis Rumah Sakit Anak Nationwide .

Tim menggunakan ujian ultrasound untuk mengevaluasi dan membandingkan ketebalan arteri utama bagi 15 anak-anak dengan penyakit batu ginjal dan 15 anak-anak tanpa mereka. Dr Kusumi dan kolaborator nya terdeteksi peningkatan yang signifikan dalam ketebalan arteri karotis kanan dan arteri rata thickness- faktor risiko potensial untuk komplikasi kardiovaskular atau penyakit-pada anak-anak dengan batu ginjal baru-baru ini.

Penyakit batu ginjal


"Temuan kami menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi di dalam tubuh yang berkaitan dengan pembentukan batu ginjal yang juga dampak kesehatan arteri anak-anak," kata Dr Kusumi.
"Sekarang kami memiliki indikasi yang jelas, kita dapat mengambil langkah-langkah sebagai dokter untuk mengobati gejala-gejala ini vaskular atau menerapkan langkah-langkah preventif, seperti olahraga dan diet program," Dr Kusumi disarankan.

Baca juga : PUSING SETELAH BERDIRI MUNGKIN MENANDAKAN PENYAKIT OTAK ATAU RADANG OTAK !

Para peneliti belum ditentukan mekanisme yang tepat yang menghubungkan batu ginjal untuk pengerasan pembuluh darah, tetapi mereka berhipotesis bahwa peradangan mungkin memainkan peran penting. Tim disaring urin peserta untuk berbagai bio-marker. Dalam urin anak-anak dengan kelainan arteri, penanda inflamasi kunci muncul di tingkat yang lebih tinggi. "Bisa jadi berbagai jenis batu ginjal memiliki penyebab yang berbeda dan bahkan faktor risiko yang berbeda," tambah Andrew Schwaderer, Direktur Riset of Nephrology di Rumah Sakit Anak Nationwide.

Jika penyakit batu ginjal yang menempatkan anak-anak pada risiko masalah kardiovaskular serius sebagai orang dewasa, kita perlu campur tangan dan membuat perbedaan dalam kesehatan masa depan mereka, para penulis menyimpulkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics.
Previous
Next Post »